by

JAJARAN KOWAL KOLINLAMIL IKUTI APEL BERSAMA WAN TNI 2021 LEWAT VIRTUAL

-Hankam-48 views

Jakarta,Hariandetik.net- Satya Wira Jala Dharma. Jajaran Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Komando Lintas Laut Militer mengikuti mengikuti Apel Bersama Wanita TNI lewat virtual di ruang Officer Club, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (21/4).

Letkol Laut (S/W) Puji Lestari sebagai perwira tertua Kowal Kolinlamil yang mengikuti apel tersebut.
Apel Bersama Wanita TNI dalam rangka peringatan hari Kartini 2021 ini diikuti 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Apel bersama tahun 2021 ini mengusung tema “Dilandasi Semangat Kesatria dan Profesionalisme Prajurit Wanita TNI Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19” dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito yang mewakili Panglima TNI.

Sedangkan Komandan apel bersama wanita TNI Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H.,M.M. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta.

Penyelenggaraan Kegiatan Apel Bersama Wanita TNI ini merupakan manifestasi penghormatan kepada para pahlawan wanita Indonesia. Pahlawan wanita yang tidak hanya menunjukkan peranan wanita yang setara dengan pria, namun juga wanita yang berjasa bagi bangsa dan negaranya.

Apel bersama ini sekaligus merefleksikan semangat emansipasi wanita Indonesia, untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya di bidang pertahanan.

Dalam amanatnya, Letjen TNI Ganip Warsito menyoroti sejumlah tantangan bagi prajurit wanita.

“Tantangan ke depan akan semakin kompleks. Kompleksitas tersebut membutuhkan kemampuan kita semua untuk beradaptasi agar tidak tergerus perubahan,” ujar Kasum TNI.

Selain itu, dia menyoroti kemajuan teknologi yang menjadi paradoks.

Menurut Letjen TNI Ganip Warsito, kemajuan teknologi menjadi paradoks lantaran adanya dua sisi yang dihasilkan.

“Kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks. Contoh paling mudah adalah teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan positif, tetapi juga kejahatan lintas negara radikalisme dan terorisme,” ucapnya.

Dia lantas berpesan agar prajurit wanita terus membina diri dan melakukan peningkatan kemampuan. Terlebih, para prajurit wanita juga berperan sebagai ibu rumah tangga.

“Sebuah peran yang tidak kalah penting karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa,” kata Letjen TNI Ganip Warsito.

Selanjutnya, dia menyampaikan arahan dan bekal dalam penugasan terhadap prajurit wanita pada momentum Hari Kartini ini.

Pertama, Kasum TNI meminta para prajurit wanita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan.

“Kedua, laksanakan tugas dengan profesional, terus tingkatkan kemampuan dan perluas wawasan sebagai prajurit maupun sebagai anggota masyarakat. Ketiga, perkokoh pemanunggalan TNI dan rakyat serta semangat sinergi dengan berbagai komponen bangsa sehingga persatuan dan kesatuan bangsa terpelihara untuk mewujudkan Indonesia maju,” tandasnya. ( Andi RR )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed