by

ACSET Laporkan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Rights Issue II dalam RUPST 2021

-Ekbis-31 views

Jakarta,Hariandetik.net – PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) pada hari ini telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di United Tractors Ballroom, Cakung. Dalam acara tersebut, para pemegang saham telah menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Terbatas II (PUT II) sebesar Rp1,5triliun. Selain itu, pemegang saham juga telah menyetujui di antaranya alokasi penggunaan laba bersih, perubahan dalam susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan, serta perubahan Anggaran Dasar Perusahaan.

Secara umum, imbas dari Pandemi Covid-19 di tahun 2020 cukup berpengaruh atas kinerja Perusahaan. Pandemi telah menyebabkan perlambatan pada progres proyek berjalan serta penundaan target tender proyek baru yang ada selama tahun 2020. Hal ini memicu Perusahaan membukukan kerugian bersih sebesar Rp1,3triliun. Oleh karena itu, pada RUPST 2021 disetujui untuk tidak membagikan dividen untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2020.

Pada bulan September 2020, ACSET telah memperoleh penambahan modal melalui PUT II sebesar 5.725.160.000 lembar saham atau sebesar Rp1.499.991.920.000,-. Hingga 28 Februari 2021, Perusahaan telah menggunakan dana hasil PUT II untuk keperluan pelunasan sebagian utang kepada PT United Tractors Tbk sebesar Rp1.496.241.920.000,- dan sisanya digunakan untuk keperluan penawaran umum.

Masa jabatan seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris ACSET berakhir pada penutupan RUPST 2021 sehingga terdapat perubahan dalam komposisi anggota Direksi dan Dewan Komisaris ACSET. Susunan Dewan Komisaris dan Direksi ACSET untuk periode tahun 2021-2023 adalah sebagai berikut:

Presiden Direktur: Idot Supriadi

Direktur: Hilarius Arwandhi

Direktur: Yohanes Eka Prayuda

Direktur: David Widjaja

Direktur: Djoko Prabowo

Presiden Komisaris: Frans Kesuma

Komisaris: Iwan Hadiantoro

Komisaris: Tan Tiam Seng Ronnie

Komisaris Independen: Buntoro Muljono

Komisaris Independen: Wiltarsa Halim

Selain itu, pemegang saham Perusahaan juga telah menyetujui adanya perubahan Anggaran Dasar agar sesuai dengan Peraturan Bapepam-LK Nomor IX.J.1 tentang Pokok-pokok Anggaran Dasar Perseroan yang melakukan Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas dan Perusahaan Publik; Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Republik Indonesia No. 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan POJK Republik Indonesia No. 16/POJK.04/2020 tentang Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka Secara Elektronik.

Agenda lain yang disetujui oleh para pemegang saham dalam RUPST adalah persetujuan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan serta pengesahan atas Laporan Pengawasan Dewan Komisaris tahun 2020; penetapan gaji dan tunjangan Direksi serta gaji atau honorarium dan tunjangan Dewan Komisaris ACSET untuk masa jabatan 2021-2022; dan penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk melakukan Audit Laporan Keuangan tahun 2021. (Hsn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed