by

TNI AL Salurkan Bantuan Kepada Korban Tanah Longsor di Sumedang

-Hankam-39 views

Bandung,Hariandetik.net- Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang diwakili Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut (Kadispsial) Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., didampingi Komandan Pangkalan TNI AL Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang mengalami bencana alam tanah longsor di Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Bahan bantuan yang diserahkan tersebut berupa Sembako (beras, gula, mie instan, minyak goreng, biskuit, air mineral), tangki air bersih (tandon) perlengkapan bayi, peralatan makan, kasur, bantal, selimut, sprai, peralatan mandi, susu, obat-obatan, masker, handsatizer, pembalut, dan perlengkapan Shalat.

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Cihanjung Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (10/1) pukul 15.30 WIB serta longsor susulan pada pukul 19.00 WIB.

Kejadian tersebut diakibatkan turunnya hujan dengan intensitas cukup tinggi dalam waktu cukup lama sehingga mengakibatkan tebing setinggi 30 meter longsor dan menimbun 18 rumah penduduk, sedangkan longsor susulan mengakibatkan jatuhnya korban yang cukup banyak termasuk menimpa para aparat maupun petugas yang saat itu sedang melakukan proses evakuasi dan pendataan di lapangan.

Pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Kasal kepada para warga korban bencana alam tanah longsor tersebut dan diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana.

Bantuan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Kasal terhadap warga Kabupaten Sumedang yang sedang mengalami musibah, padahal disaat ini Kasal sedang fokus melaksanakan operasi SAR pada kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, namun Kasal masih peduli terhadap kejadian bencana di wilayah lain seperti yang terjadi saat ini pada bencana tanah longsor di Cimanggung. Semoga kegiatan yang dilaksanakan TNI AL ini bisa membantu kesulitan maupun permasalahan yang muncul di masyarakat serta semakin menunjukkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.(Muhidin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed